MAN 2 Parigi Tanam 25 Bibit Mangga Madu dalam Proyek P5RA Gaya Hidup Berkelanjutan

MAN 2 Parigi (11/08) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parigi melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5RA) pada Sabtu (09/08/2025) dengan mengangkat tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk penanaman pohon mangga madu di lingkungan sekitar madrasah.

Tercatat di MAN 2 Parigi terdapat lima rombongan belajar kelas XI. Dalam kegiatan ini, setiap kelas dibagi menjadi lima kelompok, sehingga total terdapat 25 bibit pohon mangga madu yang berhasil ditanam. Seluruh siswa kelas XI turut berpartisipasi dengan pendampingan fasilitator P5RA masing-masing kelas. Hadir pula Kepala MAN 2 Parigi, Bapak Ery Somantri, S.Pd., M.M., beserta Koordinator P5RA, Bapak Arifudin, S.Pd., yang ikut serta dalam proses penanaman.

Kepala MAN 2 Parigi, Bapak Ery Somantri, menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi langkah nyata menanamkan kesadaran peduli lingkungan kepada peserta didik sekaligus memberi manfaat jangka panjang bagi madrasah. “Penanaman pohon ini bukan hanya kegiatan seremonial, tetapi juga bentuk investasi lingkungan yang akan dirasakan manfaatnya di masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator P5RA, Bapak Arifudin, berharap seluruh siswa dapat merawat pohon yang telah ditanam hingga tumbuh subur dan berbuah. “Kami ingin kegiatan ini tidak hanya selesai di tahap penanaman. Perawatan yang berkelanjutan akan menjadi bukti komitmen kita terhadap lingkungan,” ujarnya.

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh nyata implementasi P5RA di MAN 2 Parigi, sekaligus menegaskan komitmen madrasah dalam membentuk generasi yang peduli lingkungan dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Redaksi | Humas MAN 2 Parigi

Read More
humas mandupar 11 Agustus 2025 0 Comments

Pertemuan Perdana P5RA Kelas X dan XI MAN 2 Parigi: Tanamkan Nilai Kearifan Lokal dan Gaya Hidup Berkelanjutan

MAN 2 Parigi (28/07) — Aula An-Namiir MAN 2 Parigi menjadi saksi semangat awal pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA) tahun ajaran 2025/2026 yang resmi dimulai melalui pertemuan perdana bagi siswa kelas X dan XI. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan arahan awal, menyampaikan materi pengantar, serta mengenalkan para fasilitator yang akan mendampingi pelaksanaan P5RA di masing-masing kelas.

Pertemuan yang berlangsung pada hari Sabtu, 26 Juli 2025, dihadiri oleh Ibu Siti Ulfaniamah, S.Pd selaku Koordinator P5RA Kelas X, serta Bapak Arifudin, S.Pd selaku Koordinator P5RA Kelas XI. Keduanya memberikan materi singkat dan pengarahan kepada seluruh peserta didik sebagai pembuka kegiatan. Dalam arahannya, Ibu Siti Ulfaniamah menyampaikan bahwa tema P5RA untuk kelas X pada tahun ini adalah “Kearifan Lokal”, dengan harapan siswa mampu mengenali dan mencintai budaya serta nilai-nilai luhur yang ada di daerahnya. Sementara itu, Bapak Arifudin memperkenalkan tema P5RA kelas XI, yaitu “Gaya Hidup Berkelanjutan”, yang bertujuan untuk membentuk kesadaran lingkungan dan sikap hidup yang bertanggung jawab terhadap masa depan bumi. “Kegiatan ini bukan sekadar pelengkap kurikulum, tetapi ruang pembelajaran nyata yang membentuk karakter dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sosial dan alam di sekitarnya,” ungkap Arifudin dalam pemaparannya.

Salah satu agenda utama dalam pertemuan ini adalah pengenalan fasilitator P5RA yang akan mendampingi dan membimbing siswa selama proses projek berlangsung. Berikut daftar fasilitator untuk kelas X:

  • Kelas X A: Ibu Fenny Attalasari, S.Pd
  • Kelas X B: Ibu Dewi Masita, M.Pd
  • Kelas X C: Ibu Masyita, S.Pd
  • Kelas X D: Ibu Irma K. Harmain, S.Pd
  • Kelas X E: Ibu Siti Nur Aini, S.E

Dan untuk fasilitator kelas XI:

  • Kelas XI Reguler A: Bapak Ismail, S.Pd
  • Kelas XI Reguler B: Bapak Rahmat Hidayatullah, S.Pd
  • Kelas XI Reguler C: Bapak Untung Suprapto, S.Pd
  • Kelas XI Reguler D: Bapak Supardi, S.Ag
  • Kelas XI Reguler E: Bapak Muslimin, S.Pd

Dengan latar belakang dan pengalaman yang beragam, para fasilitator diharapkan mampu membimbing siswa agar mampu mengembangkan kompetensi sosial, spiritual, dan kepemimpinan secara menyeluruh.

Melalui kegiatan P5RA ini, MAN 2 Parigi mendukung penuh implementasi kurikulum yang menumbuhkan karakter pelajar yang beriman, bertakwa, berilmu, serta mampu menjadi agen perubahan yang berakhlak mulia. Tema Kearifan Lokal dan Gaya Hidup Berkelanjutan menjadi pintu masuk untuk membangun kesadaran siswa akan pentingnya mengenali identitas diri sekaligus menjaga keberlangsungan hidup.

Pertemuan perdana ini ditutup dengan sesi tanya jawab serta semangat kolaborasi antara fasilitator dan peserta didik. Diharapkan, kegiatan ini menjadi awal yang baik untuk pelaksanaan P5RA yang lebih bermakna dan berdampak nyata dalam kehidupan siswa, baik di lingkungan madrasah maupun masyarakat luas.

Redaksi | Humas MAN 2 Parigi

Read More

MAN 2 PARIGI GELAR KARYA P5RA DENGAN TEMA “SUARA DEMOKRASI”

Proyek Video Tutorial Pemungutan Suara Jadi Sorotan Kreativitas Siswa

MAN 2 PARIGI (10/05) — Dalam rangka pelaksanaan kurikulum merdeka melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin (P5RA), MAN 2 Parigi sukses menggelar kegiatan Gelar Karya P5RA dengan mengusung tema “Suara Demokrasi”. Kegiatan ini menampilkan hasil karya siswa berupa video tutorial pemungutan suara, sebagai bentuk edukasi sekaligus praktik literasi demokrasi dalam lingkungan madrasah.

Gelar karya ini secara resmi dibuka oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Ibu Slamet Suprihatin, S.Pd.I, bersama dengan Ketua Tim P5RA MAN 2 Parigi, Bapak Arifudin, S.Pd. Dalam sambutannya, Ibu Slamet menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan sekadar unjuk hasil, tetapi juga bagian penting dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi, partisipasi aktif, dan keterampilan abad 21 kepada peserta didik.

“Kami ingin siswa tidak hanya paham teori demokrasi, tetapi juga mampu menerapkannya dalam kehidupan nyata, bahkan sejak di bangku sekolah. Melalui proyek video ini, siswa belajar tentang proses pemilu secara langsung dan kreatif,” ujar beliau.

Proyek video tutorial pemungutan suara yang dipamerkan merupakan hasil kolaborasi antar siswa dari berbagai kelas. Setiap kelompok menampilkan simulasi proses pemilihan mulai dari tahap persiapan, pencoblosan, hingga penghitungan suara, dengan pendekatan edukatif dan kreatif.

Sebagai bentuk penilaian terhadap karya siswa, madrasah menunjuk tim penilai yang terdiri dari Bapak Pria Sarjono, S.Pd. dan Ibu Fenny Attalasari, S.Pd. Mereka menilai karya berdasarkan aspek isi, kreativitas, penyampaian pesan, dan pemahaman terhadap proses demokrasi yang ditampilkan dalam video.

Menurut Bapak Arifudin, kegiatan P5RA ini telah memberikan ruang yang luas bagi siswa untuk mengeksplorasi kemampuan non-akademik mereka. “Dengan mengangkat tema Suara Demokrasi, kami ingin siswa belajar bahwa demokrasi bukan hanya milik orang dewasa atau dunia politik, tapi bagian dari kehidupan sehari-hari yang harus dijalani secara bijak dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Kegiatan ini ditutup dengan apresiasi kepada seluruh peserta, penilai, dan panitia. Gelar Karya P5RA MAN 2 Parigi menjadi bukti nyata bahwa pembelajaran kontekstual dan berbasis proyek mampu menghidupkan nilai-nilai Pancasila dan Islam Rahmatan lil ‘Alamin dalam jiwa peserta didik. (Humas/Medkom)

Read More

“MAN 2 Parigi Umumkan Pemenang P5RA: Wujudkan Pelajar Berkarakter Pancasila yang Rahmatan Lil’alamin”

MAN 2 PARIGI, (14/04) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parigi kembali menunjukkan komitmennya dalam membentuk karakter peserta didik melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5RA) yang telah dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas XI. Kegiatan ini menjadi bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembentukan pelajar yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia, mandiri, gotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

Sebagai rangkaian kegiatan P5RA, dilaksanakan acara Pengumuman Hasil dan Penyerahan Hadiah Lomba P5RA yang berlangsung dilapangan utaman Kampus MAN 2 PARIGI. Penyerahan hasil (P5RA) ini dibuka oleh Arifudin, S.Pd, selaku Koordinator Lomba P5RA, yang dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta, fasilitator, dan pihak yang telah mendukung suksesnya program ini.

“Melalui kegiatan ini, kita tidak hanya ingin menanamkan nilai-nilai Pancasila, tetapi juga membentuk karakter pelajar yang memiliki semangat kebersamaan, toleransi, dan kepedulian terhadap sesama. Nilai-nilai Islam yang rahmatan lil’alamin menjadi landasan utama dalam setiap proses pembelajaran proyek ini,” ujar Bapak Ery Somantri, S.Pd., MM,.

Pengumuman hasil lomba yang disambut antusias oleh seluruh peserta. Penyerahan hadiah dilakukan secara simbolis oleh Kepala MAN 2 PARIGI, Bapak Ery Somantri, S.Pd., MM, yang juga menyampaikan apresiasi serta harapan agar semangat kolaborasi dan nilai-nilai yang telah dipelajari selama proyek ini dapat terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh para siswa.

Adapun hasil akhir lomba P5RA adalah sebagai berikut:

  1. Juara 1 diraih oleh Kelas XI REG. B, dengan fasilitator Rahmat Hidayatullah, S.Pd
  2. Juara 2 diraih oleh Kelas XI REG. C, dengan fasilitator Untung Suprapto, S.Pd
  3. Juara 3 diraih oleh Kelas XI REG. A, dengan fasilitator Ismail, S.Pd

Para pemenang memperoleh piagam penghargaan dan hadiah sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras, kekompakan, serta inovasi dalam menyelesaikan proyek mereka.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan penampilan seni dari siswa-siswi MAN 2 PARIGI, yang semakin menambah semarak dan kebanggaan terhadap capaian peserta didik dalam kegiatan P5RA tahun ini.

Melalui kegiatan ini, MAN 2 PARIGI berharap dapat terus menjadi madrasah yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga menjadi pelopor dalam membentuk generasi muda yang berkarakter kuat, berjiwa kepemimpinan, dan memiliki semangat untuk membangun masyarakat yang adil dan beradab. (HUMAS MAN 2 PARIGI/MEDKOM MANDUPAR)

Read More
MAN 2 Parigi 14 April 2025 0 Comments