Sejarah MAN 2 Parigi
Perjalanan panjang madrasah dari masa ke masa beserta para pemimpin yang berkontribusi

Profil Singkat
Madrasah Aliyah Negeri 2 Parigi telah melalui perjalanan panjang sejak berdiri sebagai MA Nurul 'Ulum hingga menjadi MAN unggulan seperti sekarang. Berikut sejarah lengkap beserta deretan pemimpin yang telah berkontribusi dalam perkembangan madrasah.
Profil Singkat
Madrasah Aliyah Negeri 2 Parigi telah melalui perjalanan panjang sejak berdiri sebagai MA Nurul 'Ulum hingga menjadi MAN unggulan seperti sekarang. Berikut sejarah lengkap beserta deretan pemimpin yang telah berkontribusi dalam perkembangan madrasah.
Era Pra-Pendirian (1980-an)
Pada dekade 1980-an, masyarakat Parigi mulai menyadari pentingnya pendidikan formal berbasis Islam. Beberapa tokoh masyarakat dan ulama setempat mulai menginisiasi pembentukan lembaga pendidikan yang mengintegrasikan ilmu agama dan umum.
Berdirinya MA Nurul 'Ulum
Diresmikan sebagai Madrasah Aliyah swasta dengan nama MA Nurul 'Ulum. Pada masa ini madrasah masih menempati bangunan sederhana dengan fasilitas terbatas.
Kondisi Awal:
- Bangunan sederhana dengan fasilitas terbatas
- Fokus pada penguatan dasar-dasar ilmu agama
- Beberapa mata pelajaran umum diajarkan
Perubahan Status Menjadi MAN Tomini
Berdasarkan SK Menteri Agama No. 5154 tanggal 25 November 1995, madrasah berubah status menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tomini dan diresmikan pada tanggal 25 April 1996.
Drs. Surono
Kepala Madrasah 1995-1997
Memimpin transisi dari madrasah swasta ke negeri, membangun dasar administrasi madrasah negeri.
Pencapaian Era Ini:
- Perubahan status menjadi madrasah negeri
- Penataan struktur organisasi
- Adaptasi sistem pendidikan negeri
- Lokasi awal di Desa Kayu Agung (sekarang Sumber Agung)
Era Konsolidasi
Drs. Abdussamad Rantenai
Kepala Madrasah 1997-2000
Fokus pada peningkatan jumlah siswa dan pengembangan perpustakaan madrasah.
Perkembangan:
- Peningkatan jumlah siswa secara signifikan
- Pengembangan koleksi perpustakaan
- Penyempurnaan kurikulum madrasah
Era Ekspansi
Anwar, S.Pd
Kepala Madrasah 2000-2007
Masa jabatan terlama dengan berbagai terobosan penting dalam kurikulum dan infrastruktur.
Pencapaian Penting:
- Pengenalan kurikulum berbasis kompetensi
- Pembangunan ruang kelas baru
- Mulai mengikuti kompetisi akademik regional
- Peningkatan jumlah guru tetap
Era Peningkatan Kualitas
Drs. Jufri Masalihu
Kepala Madrasah 2007-2013
Fokus pada peningkatan akreditasi dan pengembangan laboratorium.
Kemajuan:
- Peningkatan akreditasi madrasah
- Pengembangan laboratorium IPA dan bahasa
- Kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi
- Peningkatan prestasi siswa
Era Inovasi Pembelajaran
Suljami Edy, S.Pd
Kepala Madrasah 2013-2017
Memperkenalkan pembelajaran berbasis IT dan pengembangan ekstrakurikuler.
Inovasi:
- Pengenalan pembelajaran berbasis IT
- Peningkatan fasilitas olahraga
- Pengembangan ekstrakurikuler yang beragam
- Mulai menerapkan sistem administrasi digital
Era Transformasi Digital
Syamsul Bahri, S.Ag
Kepala Madrasah 2017-2023
Pemimpin yang mengubah nama menjadi MAN 2 Parigi (2018).
Transformasi Besar:
- Perubahan nama menjadi MAN 2 Parigi (2018)
- Akreditasi A untuk madrasah
- Pengembangan program tahfiz Al-Qur'an
- Modernisasi fasilitas pembelajaran
- Dll.
Era Keunggulan Kompetitif

Ery Somantri, S.Pd., MM.
Kepala Madrasah 2023-Sekarang
Melanjutkan dan mengembangkan capaian era sebelumnya, membangun Madrasah Mendunia dari akar lokal dengan semangat global.
Visi:
"Mewujudkan Generasi Cendekia, Berakhlakul Karimah, Disiplin, dan Peduli Lingkungan"
Misi:
- Menyelenggarakan Program Pembelajaran yang berkualitas dalam penguatan prestasi Akademik dan Non Akademik
- Menyelenggarakan Program pembentukan Akhlakul Karimah
- Menerapkan Pembelajaran yang dinamis berbasis teknologi informasi dan komunikasi
- Membentuk Karakter siswa yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat
- Menciptakan Madrasah berbasis pengembangan iman dan taqwa yang Kokoh
- Menyelenggarakan Tata kelola Madrasah yang Efektif, Efisien, Transparan dan Akuntabel
- Mewujudkan Citra Madrasah yang berbasis Wiyata Mandala sebagai bentuk kepedulian lingkungan
Nilai Inti:
PRIBADI MANDIRI
Kemampuan siswa untuk mengatur dirinya sendiri dan tidak tergantung kepada orang lain, dengan kesadaran.
BERMUTU
(BERKUALITAS, MAJU DAN BERSAING) - Mewujudkan semangat belajar, berinovasi kreatif, dan mencapai prestasi dengan berbasis kompetensi.
SEMANGAT KEBERSAMAAN
Seluruh elemen pendidikan bersatu dan saling mendukung dalam mewujudkan Visi dan Misi MAN 2.
Slogan:
Program Strategis:
Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik melalui sertifikasi resmi, pelatihan berbasis kebutuhan, dan penguatan kapasitas mengajar.
Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan LMS yang memfasilitasi interaksi guru dan siswa secara fleksibel dan modern.
Pembangunan fasilitas baru dan renovasi sarana prasarana untuk mendukung lingkungan belajar yang nyaman dan berkualitas.
Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan sentuhan khas madrasah yang berakar pada nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal.
Mendorong siswa berkompetisi secara global dengan semangat unggul dan berdaya saing tinggi.
Bersinergi dengan institusi pendidikan tinggi dan sektor industri untuk mendukung inovasi, riset, dan pengembangan potensi siswa.
Warisan Pendidikan yang Berkelanjutan
Dari masa ke masa, MAN 2 Parigi terus berkembang dengan tetap mempertahankan misi awalnya sebagai lembaga pendidikan Islam yang berkualitas. Setiap periode kepemimpinan telah memberikan kontribusi unik dalam membentuk madrasah ini menjadi institusi pendidikan yang dihormati seperti sekarang.